Notification

×

Bupati Suwirta Serahkan Bantuan Pemberdayaan Program Rutilahu

Rabu, Januari 05, 2022 | 14:46 WIB Last Updated 2022-01-05T07:46:55Z

CIREBONRAYA.co.id | Sebagai tindak lanjut program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-Rutilahu) Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyerahkan bantuan berupa sarana/alat pendukung usaha produktif bagi warga, di Desa Paksebali, pada Rabu (5/1/2022). 

"Bantuan ini sebagai bagian upaya pemberdayaan yang merupakan konsep program “Rutilahu Terintegrasi,” ujar Bupati Suwirta. 

Bupati Suwirta menyampaikan tujuan bantuan ini untuk membangkitkan produktifitas warga agar dapat keluar dari KK miskin. Bantuan diberikan kepada para penerima Rutilahu yang juga memilki potensi untuk mengembangkan usaha produktif. Diantaranya ada penjual bakso/kuliner, kerajinan anyaman, pedagang kelapa, kerajinan canang dan usaha tedung. Penerima bantuan berjumlah 15 warga.

“Bantuan ini merupakan bentuk pemberdayaan agar kerajinan/usaha mikro dapat dikembangkan. Nanti akan dibuat wadah koperasi untuk memudahkan pembinaaan dari hulu sampai hilir. Melalui koperasi juga akan lebih mudah memonitor output pemberdayaan, apakah warga sudah dapat terangkat dari KK miskin,” papar Bupati Suwirta.

Adapun Bantuan pemberdayaan yang diserahkan bantuan untuk UKM Canang atas nama Komang Yasa, I Komang Karya dan I Wayan Kelinci, UKM Buah atas nama Anak Agung Istri Anom Ekawati; UKM Kuliner atas Nama I Putu Cakra Negara dan Putu Ari Idayat; UKM Kelapa I Komang Sudiana, UKM Pengrajin Payung Anak Agung Istri Rai Padmi, UKM Rangka Payung (Geragasan) atas nama Anak Agung Istri Mayun, Anak Agung Raka Kalam, I Gusti Putu Merta dan I Wayan Prasta Jaya; UKM Ukupan atas nama Ida Bagus Putra Ambara; UKM Tali Ijuk atas Nama I Nengah Lanus; UKM Topi Capil atas nama I Nyoman Marek. 

Turut Mendampingi Bupati Suwirta pada penyerahan tersebut, Kadis Sosial I Gusti Agung Putra Mahajaya, Camat Dawan I Dewa Gede Widiantara dan Perbekel Paksebali I Putu Ariadi (klk/Cok).