Notification

×

Tari Jaipongan Menjadi Suguhan Menarik Bagi Turis Di Taman Nusa

Kamis, Februari 17, 2022 | 08:50 WIB Last Updated 2022-02-17T01:50:25Z

CirebonRaya.co.id, CIREBON – Selain pantainya yang indah, pulau Bali juga memiliki destinasi wisata lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satu destinasi wisata tersebut adalah Taman Nusa. Terletak di Gianyar, Taman Nusa telah dibuka sejak tahun 2013 dan menjadi salah satu tujuan wisata bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Seperti terlihat pada Minggu lalu, tarian Jaipong ternyata menjadi salah satu suguhan atau atraksi menarik bagi turis Asing dan domestik. 

Saat memasuki boulevard dengan tanaman kelapa sawit sepanjang jalan menuju Gedung Daun Sirih, para pengunjung disambut  tarian jaipong. 

Tari Jaipong atau Jaipongan adalah salah satu tari daerah yang sangat terkenal dan tidak asing bagi kita. Tarian ini ialah jenis tarian tradisional yang berasal dari Jawa Barat.

Gerakan tarian Jaipong adalah gabungan dari beberapa kesenian tradisional, seperti Wayang Golek, Pencak Silat dan Ketuk Tilu.

Tarian ini sangat enerjik dan unik. Dalam setiap pementasannya akan diiringi oleh musik tradisional bernama degung.

Selain enerjik, tarian ini juga dilakukan dalam suasana ceria dan humoris, sehingga sangat menghibur pengunjung yang datang ke Taman Nusa. Bahkan tidak jarang para penikmat jaipongan akan tertawa, tersenyum serta ikut menari bersama karena terbawa suasana riang gembira. Tari unik dari Jawa Barat ini, hingga kini masih tetap lestari.


Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam  dan keragaman budaya, adat dan ragam budaya nusantara meliputi seni tari, sastra, seni rupa, seni musik, seni bangunan dan sebagainya yang bisa disaksikan di kampung budaya Taman Nusa sambil  menikmati pemandangan alam Bali sepanjang sungai Melangit di timur Taman Nusa. 

Tari jaipong adalah salah satu keunikan budaya Indonesia yang menampilkan tarian enerjik. Tarian ini tidak pernah membuat bosan penonton dan disukai oleh berbagai kalangan  pengunjung serta usia.

Pada masa liburan Tahun Baru ada lonjakkan pengunjung  domestik lokal Bali dan wisatawan Nusantara. Mereka banyak melakukan overland tour, mulai dari daerah asal dan singgah di tempat wisata yang dilewati dan selanjutnya di Bali, salah satu itinerarynya yaitu ke Tamab Nusa.

Sehubungan dibukannya direct flight dari beberapa negara ke Denpasar, Bali, kami berharap ada optimis lonjakkan wisatawan asing menuju Bali yang nantinya akan berkunjung ke Taman Nusa, menjelajah Indonesia dalam waktu hanya setengah hari. (*)

×
Berita Terbaru Update