Notification

×
CLOSE ADS
CLOSE ADS

Pangdam III Siliwangi Tinjau Giat Latihan Pratugas Yonif Raider 300/BJW di Ciwidey

Sabtu, Desember 17, 2022 | 18:51 WIB Last Updated 2022-12-17T20:35:10Z

CIREBONRAYA.CO.ID | CIWIDEY — Tugas negara yang akan diemban Yonif Raider 300/BJW Kodam III/Slw dalam waktu dekat adalah melaksanakan tugas sebagai Satgas Satuan Organik Yonif Raider 300/BJW di wilayah Kodam XVII/ Cenderawasih yang masih rawan konflik.

Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut,  TNI perlu menyiapkan prajurit dan satuan yang siap operasional. Kesiapan operasional prajurit dan satuan tersebut dapat dilaksanakan diantaranya melalui kegiatan latihan penyiapan Pratugas.

Latihan penyiapan Pratugas ini bertujuan untuk melatih, membekali dan meningkatkan kemampuan Satgas dalam melaksanakan tugas operasi tempur, operasi teritorial dan operasi intelijen dengan pendekatan pembinaan teritorial secara terpadu di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Pangdam III/Slw, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo bersama Danrindam III/Slw dan Asintel Kasdam III/Slw serta Dandim 0624/Kab. Bandung, meninjau kegiatan latihan penyiapan Pratugas Satgas Organik Yonif Raider 300/BJW di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih, bertempat di daerah latihan PTPN VIII Sinumbra Ciwidey Kab. Bandung, Jawa Barat.

Demikian disampaikan Kapendam III/Slw Letkol Inf Adhe Hansen saat mendampingi Pangdam III/Slw meninjau kegiatan latihan penyiapan Pratugas Yonif Raider 300/BJW di Ciwidey.

Lanjut dikatakannya, saat di Poskotis latihan penyiapan Pratugas, Pangdam III/Slw selaku Danlat menerima paparan dari Dansatgas Letkol Inf Afri Swandi Ritonga. Kemudian Pangdam mengecek kesiapan pos, personel dan materiil Satgas Yonif Raider 300/BJW. Dilanjutkan melihat secara langsung pelaksanaan latihan penyiapan Pratugas, guna memastikan kesiapan Satgas yang akan diberangkatkan sebagai Satgas Organik di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam III/Slw memberikan arahan kepada Dansatgas, para Danpos dan seluruh pelatih, agar latihan penyiapan Pratugas dilaksanakan dengan semangat, disiplin sehingga semua tahapan latihan dan materi latihan dapat diserap dan dikuasai dengan baik sehingga peserta latihan dapat menguasai seluruh materi latihan yang diberikan.

”Dalam kegiatan latihan penyiapan Pratugas ini kalian akan dibekali berbagai materi penting dan sangat dibutuhkan saat melaksanakan tugas operasi,  dengan sasaran capaian latihan, mampu menguasai dan mahir mengaplikasikan materi-materi : olah yudha tempur, teritorial, intelijen dan hukum dalam suatu operasi tempur, operasi teritorial dan operasi intelijen secara terpadu,” jelas Pangdam.

Pangdam menegaskan bahwa, keberhasilan tugas nanti akan banyak ditentukan oleh keberhasilan para prajurit dalam melaksanakan kegiatan latihan penyiapan Pratugas.

”Pedomani dan jadikan acuan tema latihan, yaitu, Satuan Tugas Yonif Raider 300/BJW Kodam III/Siliwangi melaksanakan Tugas Operasi Tempur, Operasi Teritorial dan Operasi Intelijen Dengan Pendekatan Pembinaan Teritorial Secara Terpadu di Wilayah Kodam XVII/Cenderawasih Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI,” pungkas Pangdam.