Notification

×

Monyet Bukit Lempuyang Resahkan Warga Karangasem

Rabu, Januari 11, 2023 | 21:43 WIB Last Updated 2023-01-11T14:43:07Z

CIREBON RAYA | KARANGASEM — Kedatangan seekor monyet ke perkampungan di wilayah Banjar Biok, Ujung Desa Tumbu Kabupaten Karangasem meresahkan warga sekitar. Hal tersebut dituturkan salah seorang warga yakni Yunda Ariesta pada Selasa (10/1/2023) yang mengaku beberapa waktu belakangan ini rumahnya sering didatangi hewan primata ini.

"Sudah sejak sepekan lalu monyet tersebut "merusuh" di rumah saya. Dari pas Penampahan Galungan (3/1/2023) itu awalnya datang ke halaman rumah saya, segalanya habis diberantakin. Monyet itu juga sempat mencuri makanan dan saya usir-usir, monyet itu malah tidak takut dengan saya ataupun anak-anak saya. Saya sempat panggil Damkar Karangasem, namun keburu kabur monyetnya tidak muncul. Tapi besoknya muncul lagi. Bahkan sempat monyet itu tidur di plafon rumah saya," terangnya.

Tak hanya meresahkan keluarga dari Yunda Ariesta, monyet itu juga mengganggu warga sekitar. Monyet tersebut mencuri  makanan berupa telur, jajan, buah buahan dan lain sebagainya. Bahkan, ketika hari Raya Galungan tiba, monyet tersebut sempat "ngeresak" banten-banten yang dihaturkan warga di rumahnya serta merusak Penjor warga.

Sementara, I Nyoman Siki Ngurah ketika dikonfirmasi membenarkan adanya laporan warga terkait monyet yang meresahkan tersebut. "Benar, kami sudah sempat melaksanakan pemantauan ke salah satu rumah warga yang didatangi hewan liar itu," katanya.

Hingga kini, menurut Yunda Ariesta jika monyet tersebut masih terlihat beberapa kali datang dan "merusuh" di perkampungan tersebut. Diperkirakan monyet tersebut berasal dari Bukit Lempuyang. (Ami)