Notification

×

Bandara Kertajati Siap Layani Warga Jawa Barat Di Musim Haji 2023

Kamis, Februari 16, 2023 | 12:59 WIB Last Updated 2023-02-16T05:59:29Z

CIREBON RAYA | MAJALENGKA — General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi memastikan Bandara Kertajati, Majalengka sudah siap dan layak menyelenggarakan penerbangan haji.

Menurut Vice president corporate secretary PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Dian Nurrahman, pihak GACA menerjunkan tim untuk melakukan asesment kelaikan bandara melayani penerbangan haji 2023 ini.

"Kita baru saja hari ini selesai dikunjungi tim GACA lagi terkait assesment kesiapan layanan di bandara untuk penerbangan haji," ujar Dian Rabu malam (15/2/2023).

Dian mengatakan, kunjungan ini membawa kabar baik. Karena pihak GACA memastikan pihak BIJB sudah menuntaskan seluruh hasil pemeriksaan pihak Saudi yang dilakukan sejak akhir 2022 lalu.

"Alhamdulillaah semua temuan GACA di tanggal 6 Desember kemarin sudah selesai seluruhnya," katanya.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil sebelumnya juga optimis jika Bandara Kertajati sudah sangat siap melayani penerbangan musim haji 2023 ini. "Dari kapan kapan juga sudah siap," katanya.

Menurutnya, kepastian itu akan didapat dari hasil finalisasi otoritas Haji Saudi atau GACA yang sudah berkunjung beberapa kali ke Kertajati.

"Kunjungan ini untuk memastikan musim haji (2023), warga Jawa Barat mayoritas terbangnya tidak lewat Cengkareng tapi lewat Kertajati," katanya.

Sebelumnya, menurut Kepala Kanwil Kemenag Jawa Barat, Ajam Mustajam, asrama Indramayu tahun ini harus dijadikan embarkasi haji minimal untuk daerah Cirebon, Majalengka, Indramayu, dan Kuningan atau Ciayumajakuning.

"Asrama haji tahun ini harus jadi dijadikan embarkasi jamaah haji asal Jabar wilayah terdekat, seperti Ciayumajakuning. Insha Allah meski pembangunannya belum 100 persen namun sudah bisa dijadikan embarkasi. Yakni untuk dua kloter," ujar Ajam, Selasa (14/2).

Ajam mengatakan, tempat pemberangkatan jamaah sendiri berasal dari Bandara Kertajati Majalengka. Pihaknya, akan berkoordinasi dengan Gubernur Jabar untuk menyelesaikan pembangunan masjid di sekitar asrama haji Indramayu. 

"Mudah-mudahan Pak Gubernur bisa membantu. Sebenarnya, bangunan asramanya sudah selesai, tinggal penunjangnya saja, di antaranya masjid dan jalan," katanya. (Rep)