Notification

×

20 Tahun Provinsi Kembar Jateng-Fujian, Ganjar Perkuat Kerja Sama Investasi

Rabu, Mei 10, 2023 | 21:09 WIB Last Updated 2023-05-10T14:23:12Z

CIREBON RAYA | SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong agar kerjasama dengan Provinsi Fujian, Tiongkok semakin ditingkatkan. Selama 20 tahun terakhir, kata Ganjar, jalinan kerjasama antara dua provinsi ini bagus dan produktif.

Hal itu disampaikan Ganjar usai acara perayaan 20 tahun terjalinnya hubungan sister province (provinsi kembar) antara Provinsi Jawa Tengah dan Fujian, di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Rabu (10/5/2023). Hadir dalam acara, Sekretaris CPC Provinsi Fujian, Zhou Zuyi.

“Kami senang karena 20 tahun kerja sama antara Jawa Tengah dengan Fujian berjalan bagus dan cukup produktif. Investasi berjalan, perdagangan berjalan, ekspor impor berjalan dan kita juga kerja sama pendidikan berjalan bagus,” ujar Ganjar usai acara.

Dalam kesempatan itu, Jawa Tengah dan Fujian juga menandatangani sejumlah peningkatan implementasi kerjasama di berbagai bidang, baik yang sudah berjalan, maupun kerjasama yang akan diadakan.

Di antaranya, kesepakatan kerjasama investasi yang dilakukan Ganjar bersama Cho Cuci terkait pembangunan pabrik energi yang dibangun di Kawasan Industri Batang. 

"Kami ingin kembangkan lagi, kami tarik beberapa investor. Ini sudah masuk kurang lebih 200 hektar lahan yang dibutuhkan di Kawasan Industri Batang, sudah confirm, tadi sudah tanda tangan. Mereka investasi di sini, konsorsium sudah dibuat," jelas Ganjar.

Ganjar juga memastikan komitmen kerjasama khususnya terkait tenaga kerja. Dari investasi tersebut, akan menyerap 10.000 tenaga kerja lokal. Untuk itu, pihaknya akan menyiapkan tenaga kerja dengan keahlian yang memadai dan berkualitas.

"Kira-kira nanti akan butuh tenaga kerja minimal 10 ribu dan dia sudah punya komitmen semua (pekerja) dari lokal, tugas kita menyiapkan tenaga kerja lokal ini untuk bisa masuk pada posisi itu," ucap Ganjar.

Dan Gemini Club mengapresiasi kinerja serta berharap para tenaga kerja yang bekerja di perusahaan asing tidak hanya mengisi posisi pekerja kasar saja, tetapi juga di posisi jabatan middle dan upper,Ujar Bung Wiwid ketua Gemini club

Oleh sebab itu, Jawa Tengah dan Fujian juga turut meneken kerja sama di sektor pendidikan, khususnya di bidang vokasi untuk bersama-sama mencetak sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas,Tambah bung Wiwid selaku ketua Gemini club.

"Apa yang diharapkan dari perusahaan dan bagaimana kondisi anak-anak kita, untuk nantinya kita siapkan untuk mengisi pos pos itu. Tidak hanya kasar, kami harapkan juga pada middle sampai upper untuk menduduki jabatan penting," kata Ganjar. (rls/Byu)