Notification

×

Posyandu Bersama Babinsa Ujung Tombak Pencegahan Stunting di Ampelgading

Kamis, September 14, 2023 | 12:26 WIB Last Updated 2023-09-14T05:26:06Z

CIREBON RAYA | PEMALANG — Kodim 0711/Pemalang Koramil 07/Ampelgading, Sebagai struktur terkecil dan terdepan dari pelayanan kesehatan dari pemerintah, posyandu bisa menjangkau masyarakat secara langsung.   

Posyandu juga dapat mampu memberdayakan para ibu untuk memperhatikan kesehatan anak dan pola konsumsi keluarga, bersama Sertu Asfuri  Babinsa  desa Tegalsari Barat  dan Kader Posyandu Ampelgading aktif laksanakan Posyandu Bulanan di desa Tegalsari Barat, Kamis(14/09/2023).


Bidan desa tegalsari barat ibu ilmiyah  Amd Keb. menyampaikan seperti kita ketahui, stunting dapat dihindari sebelum anak berusia dua tahun (24 bulan). Pengisian kurva KMS  yang dilakukan secara rutin oleh kader/petugas gizi/bidan di Posyandu dapat membantu mendeteksi bila ada kecurigaan ke arah stunting pada anak. 

Analisis evaluasi juga dilakukan dengan kunjungan kader posyandu ke rumah untuk menilai faktor risikonya, salah satunya untuk melihat kelayakan sanitasinya. Itulah salah satu alasan mengapa posyandu disebut sebagai ujung tombak pencegahan stunting, karena tugas mereka memantau langsung di lapangan, Ungkapnya.

Sertu Asfuri  Babinsa  desa Tegalsari Barat  menambahkan selain kegiatan pemantauan tumbuh kembang anak, posyandu juga menyediakan kegiatan-kegiatan yang bersifat penyuluhan tentang gizi seimbang dan ASI eksklusif. 

Kegiatan ini berwujud Kelompok Pendukung Ibu (KP Ibu), pemberian makanan bayi dan anak (PMBA), atau Gerakan Sayang Ibu (GSI). Tujuan kegiatannya meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku positif ibu dan balita dalam upaya cegah stunting.

Pada kegiatan hari ini kita melaksanakan pemerikasaan ibu hamil ada 6 orang, Imunisasi pada balita dan penimbangan 13 anak balita serta pemberian vitamin dan PMT (pemberian makanan tambahan) pada 17 balita. 
  
Turut hadir dalam kegiatan Posyandu ini antara lain, Ibu Kades Tegalsari Barat, Bidan desa Ibu Ilmiah  Amd Keb., Ibu Kadus Sumurmunding, Kader posyandu 7  orang  dan diikuti 36 orang warga. (rl)