Notification

×

Mahfud MD Sebut Menteri Pertanian SYL Sudah Berstatus Tersangka, Begini Reaksi Jokowi

Rabu, Oktober 04, 2023 | 15:12 WIB Last Updated 2023-10-04T08:12:49Z

CIREBON RAYA | JAKARTA — Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, hingga kini belum diketahui keberadaannya. Wakil Menteri Pertanian, (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi mengatakan, pihaknya saat ini kehilangan kabar atau lost contact dengan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Pihaknya terus mencari keberadaan Menteri Syahrul Yasin Limpo.

Namun pagi ini, Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem, Ahmad Sahroni mengunggah jawaban dari artikel di media sosial yang menyebut mentan hilang kontak di luar negeri. Ahmad Sahroni menuliskan jawaban yaitu mentan menderita sakit prostat yang tengah kambuh. Tulis Sahroni di instagram Rabu, 4 Oktober 2023.

Presiden turut merespon kabar Menteri Pertanian (Mentan) yang hilang kontak. Presiden Joko Widodo saat menghadiri acara Pembukaan Pameran Kerajinan terbesar di Asia Tenggara, Inacraft di Jakarta Convention Center hari ini, 4 Oktober 2023 mengatakan Mentan belum sampai ke Indonesia, ditungga saja. 

Presiden Jokowi bahkan menanyakan balik ke awak media terkait Mentan yang hilang kontak. Dan menyarankan dikontak, serta menanyakan balik adakah para awak media yang memiliki nomer teleponya.

“Siapa yang kehilangan kontak? dikontak saja, ada yang punya nomor teleponnya gak? Coba dikontak," Tambahnya.

Menanggapi apakah Presiden Jokowi mengetahui posisi Mentan, Presiden Jokowi menjawabnya urusan posisi apakah presiden harus mengetahuinya.

Sementara Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sudah berstatus tersangka korupsi.

Mahfud mengaku sudah lama mendapatkan informasi itu dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, ia enggan membeberkan detail soal penetapan status tersebut.

"Bahwa dia (SYL) sudah tersangka? Ya saya sudah dapat informasi, malah sejak kalau eksposenya itu kan sudah lama kalau tersangka. Tapi resminya sebagai tersangkanya itu, ya, sudah digelarkanlah," kaya Mahfud di kompleks Istana, Jakarta, Rabu (4/10/2023) (rl/by)