Notification

×

BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang

Selasa, Mei 24, 2022 | 10:20 WIB Last Updated 2022-05-24T03:20:13Z

CirebonRaya.co.id, CIREBON Hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Indonesia, pada Selasa 24 Mei 2022. BMKG pun mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat tetap waspada dengan segala kemungkinan.

Dikutip dari situs BMKG, pada Selasa 24 Mei 2022, potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang diperingatkan untuk Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur.

Hal yang sama terjadi di Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Papua, Papua Barat.

Menurut BMKG, sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia sebelah barat Bengkulu, yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di Bengkulu.

Daerah konvergensi lainnya, disebutkan BMKG, memanjang di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, di Bengkulu, di Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dari Maluku Utara hingga Papua Barat.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.