Notification

×

Usai Usung Anies, Nasdem Target Masuk 3 Besar Pemilu 2024

Selasa, Oktober 04, 2022 | 09:50 WIB Last Updated 2022-10-04T02:50:21Z

CIREBON RAYA | JAKARTA – Pengamat politik Gusti Anggoro menilai usai Anies Baswedan di usung Partai Nasdem sebagai bakal calon presiden (Bacapres) 2024, diprediksi Nasdem bakal meraih "kemenangan" di Pilpres 2024. 

"Setidaknya limpahan konstituen akan mengalir ke Nasdem, prediksi saya Nasdem bisa masuk 3 besar dalam  Pemilu 2024," kata Direktur Eksekutif INAPRO Foundation ini.

Salah satu contoh, mereka yang memilih Gerindra pada Pilpres lalu, lanjut Gusti, maka akan mengalihkan pilihan ke Partai yang mendukung dan mengusung Anies.

"Hasil riset dan tabulasi yang kita miliki, cenderung menuju kearah itu. Generasi old mind, yang bosen dengan rezim sekarang pun nilainya cukup banyak, ditambah dengan pemilih pemula yang merasa nyaman ketika berada di barisan Anies," ujarnya.

Dosen Sospol Inter Study ini menambahkan, langkah Nasdem usung Anies lebih awal memang mengejutkan banyak pihak, namun Ia menilai Nasdem sangat cermat dan jeli hingga dengan berani deklarasikan Anies sebagai Capres 2024.

"Nasdem cukup cerdik membaca akar rumput, hingga langkahnya kemarin mengguncang jagat politik kita," imbuhnya.

Sementara Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia (ASI) Ali Rif'an mengatakan, terdapat alasan kuat Nasdem usung Anies di Pilpres 2024. 

Alasan pertama secara elektoral, Anies calon presiden potensial 2024 karena selalu masuk tiga besar setiap lembaga survei. Bahkan, Ali Rifan mengungkapkan hasil survei lembaganya pada Agustus 2022 lalu data yang ia dapatkan pun sama.

"Jadi punya kans untuk memenangkan kompetisi elektoral 2024," ujarnya.

Ali Rif'an menyebutkan Partai Nasdem memahami bahwa di Indonesia, figure ID jauh lebih kuat ketimbang party ID. Dengan demikian, partai Nasdem punya target masuk jadi pemenang top tiga dalam perhelatan Pemilu 2024 nanti.

Ia menilai, pilihan segera deklarasi Capres merupakan pilihan tepat. Targetnya, agar efek ekor jas akan bisa didapatkan oleh Nasdem.

Dalam pandangan Ali Rif'an, Anies disukai kelompok kelas menengah terdidik, bahkan survei CSIS simulasi head to head Anies menang.

"Artinya, para pemilih rasional cenderung ke Anies, ini sesuai dengan narasi Nasdem yang selalu menggaungkan politik gagasan," ujarnya.

×
Berita Terbaru Update