Notification

×

Pasien Demam Berdarah di Karangasem Meningkat, Didominasi Oleh Anak-anak

Kamis, Februari 16, 2023 | 02:41 WIB Last Updated 2023-02-15T19:41:38Z

CIREBON RAYA | KARANGASEM — Pasien DBD (Demam Berdarah Dengue) di Kabupaten Karangasem alami lonjakan yang cukup signifikan. Dalam 1,5 bulan saja terdapat puluhan pasien yang di rawat di Rumah Sakit akibat terinfeksi Virus Demam Berdarah. Berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem terdapat 84 orang yang terjangkit virus DB.

Salah satu rumah sakit yang merawat pasien yakni RSUD Kabupaten Karangasem. Disampaikan Kabid Pelayanan, I Komang Wirya, MM pada Rabu (15/2/2023) jika dari bulan lalu pasien DB yang telah dirawat berjumlah 42 Pasien yang didominasi oleh anak-anak. Terdapat 19 pasien anak dan 15 pasien dewasa yang sempat dirawat di RSUD Karangasem. "Pasien yang kita rawat di RSUD Karangasem ini cukup fluktuatif, dimana tahun kemarin sempat naik, tapi turun lagi. Perbulan kadang-kadang tidak serta merta naik terus, kadang naik kadang turun, sesuai dengan situasi hujan," katanya. 

Menurutnya, banyaknya pasien DB tersebut akibat dipicu oleh cuaca. Dimana biasanya kasus pasien dengan Demam berdarah muncul kala musim hujan, dan ini sudah terjadi sejak bertahun-tahun. 

Dijelaskan pula, jika infeksi pada masyarakat yang kena sakit DB akan naik setelah beberapa hari usai turun hujan, apalagi jika hujannya cepat reda dan meninggalkan genangan air.  "Ya, karena jentik - jentik nyamuk dengan cepat bisa berkembang di air bersih, bekas air hujan yang ada telur nya itu. Sedangkan kalau hujan terus-menerus itu malah akan membuat telur nyamuk hanyut," katanya.

Sementara, pasien DB rata-rata akan meningkat di bulan Januari - Februari dimana merupakan puncak musim hujan, dan akan kembali mereda di bulan berikutnya. Untuk itu pihaknya mengimbau pada Perbekel di Desa-desa agar melakukan gotong royong demi mencegah cegah penyakit DB. (Ami/bk)