Notification

×

Ketua Presidium PPI Ingatkan Makna Idul Adha

Jumat, Juni 30, 2023 | 15:23 WIB Last Updated 2023-06-30T08:23:41Z

CIREBON RAYA | JAKARTA — Setiap tanggal 10 Dzulhijjah semua Umat Muslim merayakan Hari Raya Idul Adha. Pada kesempatan itu Anas Urbaningrum selaku ketua Presidium PPI melaksanakan Sholat idul adha, pada Kamis kemarin tanggal 29 juni 2023 di masjid Al-Hikmah Duren Sawit. 

Melalui akun tweeternya beliau memaparkan Inti khutbah Idul Adha di Masjid Al-Hikmah Duren Sawit, “ Tidak ada hidup yang dimenangkan tanpa kesanggupan untuk berkorban”. Kesediaan untuk berkorban adalah energi yang menggerakkan sejarah manusia dan kemanusiaan.

Pada hari ini Jum'at 30 juni 2023, beliau melaksanakan kegiatan kurban. Kegiatan diawali dengan berdoa bersama dan penyembelihan qurban. Setelah itu, penyerahan hewan qurban kepada warga warga sekitar rumah beliau. 

Selaku Ketua Presidium PPI Anas Urbaningrum menyampaikan "Ajaran tentang kurban ini awalnya dari mimpi. Tapi bukan mimpi biasa seperti kita. Ini mimpinya Nabi Ibrahim. Nabi yang bapaknya semua agama Samawi”, ungkapnya.

Beliau menambahkan bahwa "Bukan darah dan daging yang akan sampai kepada Tuhan, melainkan (ikhlas dan) taqwa yang melandasinya", tutur beliau. 

Arifin SJ yang kerap dipanggil Cak Ipin selaku Sekjen PPI menambahkan "Perayaan Hari Raya Idul Adha ini diharapkan untuk seluruh Sahabat dapat lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT guna membentuk sikap dan perilaku rela berkorban dan berbagi dengan rakyat," imbuhnya.

Sementara itu, Amin selaku Ketua panitia Qurban PPI,  menyampaikan "daging qurban dibagikan kepada warga sekitar khususnya diwilayah Duren Sawit yang berhak menerimanya sebagaimana data yang diterima dari para pemangku wilayah", tuturnya.

Amin juga menjelaskan bahwa "kegiatan Qurban ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan tiap tahunnya setiap idul adha sebagai bentuk kepedulian sesama yang bernilai ibadah dihadapan Allah Ta'ala", pungkasnya. (rl/by)