Notification

×

Kotak Surat Suara Pilkades Pasirnangka Tangerang Mengeluarkan Asap, Ini Kronologinya

Senin, September 25, 2023 | 00:13 WIB Last Updated 2023-09-24T17:13:07Z

CIREBON RAYA | BANTEN — Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2023 di hebohkan dengan sebuah kotak surat suara yang mengeluarkan asap putih secara tiba-tiba, di Kampung Gudang, Desa Pasirnangka, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten, pada Minggu (24/09/2023)

Menurut informasi yang dihimpun, Peristiwa yang dinilai misterius itu terjadi saat tahapan pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS) 7, bertempat di Halaman SDN Gudang Rt. 004/005 Kampung Gudang, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten.

Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 12.00 WIB, berawal sekitar pukul 11.30 WIB ketika itu panitia di TPS 07 melihat adanya kepulan asap putih yang keluar dari kotak surat suara. 

Selanjutnya, pihak panitia Pilkades berusaha untuk membuka kotak suara tersebut, itu pun atas persetujuan dari para saksi. Setelah dilakukan pengecekan kotak suara tersebut terdapat adanya surat suara yang terbakar diantaranya, 4 surat suara yang rusak dan 1 Kotak Surat suara yang rusak.

Kemunculan asap tersebut sudah tak tampak lagi. Namun, situasi di TPS dipenuhi oleh petugas keamanan dan warga sekitar yang penasaran terhadap kejadian aneh tersebut. 

Akhirnya, sekitar Pukul 13.20 WIB kejadian tersebut sudah di lakukan pengamanan dengan situasi aman dan Kondusif.

Dugaan sementara terbakarnya surat suara tersebut akibat adanya salah satu pemilih yang mencoblos surat suara menggunakan api yang kemudian dimasukan langsung ke Kotak Suara sehingga menimbulkan terbakarnya surat suara. 

Namun kini pihak Kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait hal tersebut, dan Panitia pun sudah berhasil mengamankan surat suara yang terbakar dan dibungkus terpisah tetapi masih dalam 1 kotak suara. Kemudian pemungutan suara di TPS 07 kembali dilanjutkan.