Notification

×

Stok Vaksin PMK Masih 20.170 Dosis Siap Di Sebar

Sabtu, Oktober 14, 2023 | 04:54 WIB Last Updated 2023-10-13T21:54:27Z

CIREBON RAYA | KARANGASEM Tingkatkan kekebalan tubuh hewan ternak sapi terhadap virus PMK, Pemerintahan Kabupaten Karangasem melalui Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan gencarkan vaksinasi untuk cegah PMK (penyakit mulut kuku). 

Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Karangasem I Nyoman Siki Ngurah, pada Jumat (13/10/2023) saat dihubungi mengatakan pelaksanaan vaksinasi sudah sesuai dengan arahan Satgas PMK Provinsi Bali. 

"Vaksinasi PMK dilaksanakan secara maraton dari bulan Agustus sampai dengan bulan November 2023. Dari estimasi populasi Sapi di Karangasem 80.318 ekor. Dan pemberian Vaksinasi PMK terhadap ternak sapi yang di miliki warga jadi total vaksinasi yang telah dilaksanakan untuk sapi sampai dengan awal Oktober sebanyak 62.946 ekor,” kata Siki Ngurah. 

Agar seluruh ternak sapi milik warga di Karangasem mendapat vaksinasi, maka Dinas Pertanian mengerahkan petugas vaksinasi secara penuh dengan harapan semua populasi ternak sapi di Karangasem mendapatkan vaksin PMK. 

Vaksinasi PMK di Kabupaten Karangasem dilakukan secara bertahap. Sementara, untuk stok vaksin sampai saat ini masih terdapat 20.170 dosis, yang akan di sebar di 8 Kecamatan. 

"Untuk saat ini Kabupaten Karangasem saat dihubungi untuk sementara tidak ada kasus positif PMK ditemukan," Kata Siki Ngurah. (ami/bki)