Notification

×

Dewan Pembina FKQK Hadiri Pengajian Bulanan Forum Kiyai dan Qori Kuningan

Sabtu, Januari 13, 2024 | 16:41 WIB Last Updated 2024-01-13T09:41:59Z

CIREBON RAYA | KUNINGAN — Ada yang istimewa dalam pengajian bulanan Forum Kiyai dan Qori Kuningan (FKQK), hari ini. Selain acara dihelat di minggu ke-2 awal tahun baru 2024, juga acara ini dihadiri secara langsung oleh Dewan Pembina FKQK, H. Acep Purnama, SH, MH.

Terpantau di TKP, kurang lebih 200 Kiyai dan ulama lintas Ormas Islam di Kabupaten Kuningan ini kembali menghelat pertemuan dan pengajian rutin bulanan di Masjid At Taqwa, Dusun Pahing, Desa Sindang Agung, Kuningan, Jawa Barat, pada Sabtu (13/1).


Ketua Forum Kiyai dan Qori Kuningan KH Muhammad Oding Sajidin mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari merawat silaturahmi. 

Menurutnya, dengan pengajian kitab fathul qoerib serta bidayatul hidayah, semoga menjadi wasilah terjalinnya ikatan tali silahturahmi yang erat antara ulama dan umaro, supaya terciptanya ukhuwwah basyariah, ukhuwwah Wathoniyah dan ukhuwwah Islamiyah guna menuju Kabupaten kuningan yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.

"Acara ini kita laksanakan secara bergilir di semua pesantren pesantren yang ada di Kabupaten Kuningan, ada pun waktunya kita akan laksanakan setiap Sabtu kedua, setiap bulannya," ujarnya, usai acara berlangsung. 


Tak Bahas Politik

KH Muhammad Oding Sajidin menyebutkan, meski dihelat di masa Pilpres dan tahun politik, tapi acara ini murni hanya membahas soal keagamaan dan keumatan, utamanya kitab kuning.

"Jadi tak membahas soal politik," tegasnya.


Sementara Dewan Pembina FKQK, H. Acep Purnama, SH, MH berharap pengajian Forum Kiyai dan Qori Kuningan (FKQK) dapat merekatkan silahturahmi.

"Kalau di tahun 2024, mungkin saya hanya menjanjikan kepada pak ketua, jika saya sebagai pembina kita bisa lebih fokus pada rencana-rencana kita tahun 2024, terutama berkaitan dengan keberadaan Forum Kyai dan Qori Kabupaten Kuningan ini agar bisa berlanjut lebih baik lagi," jelas H. Acep Purnama, SH, MH, disela-sela acara pengajian hari ini. 

Ia menambahkan, sangat mengapresiasi giat ini, khususnya dalam aktivitas pengajian yang digelar satu bulan sekali. 

"Yang mana ini dapat membangun silaturahmi, menambah sekaligus mengembangkan ilmu agar lebih bermanfaat," imbuhnya. 

Ketika ditanya terkait Pilpres, H. Acep Purnama, SH, MH yang juga merupakan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kuningan sangat hati-hati menanggapinya. Ia pun kemudian menghimbau semua pihak agar ikut serta menjaga kondusifitas wilayah, utamanya di Kabupaten Kuningan.

"Saya secara pribadi, sekaligus salah satu peserta pemilu. Menghimbau agar kita bersama untuk sukseskan dan jaga kondusifitas, kita berikan toleransi, saling menghormati kepada pilihan masing-masing pihak sesuai pilihannya," pungkasnya. (red/Aak)