Notification

×

Besok, Bulan Purnama Pertama Tahun 2022: Mengapa Disebut Bulan Serigala Purnama?

Minggu, Januari 16, 2022 | 13:03 WIB Last Updated 2022-01-16T06:03:19Z

CirebonRaya.co.id, CIREBONBulan Purnama Serigala terbit pada hari Senin, 17 Januari 2022. Pelajari lebih lanjut tentang kapan, di mana, dan bagaimana melihat Bulan Purnama Januari!

Kapan Melihat Bulan Purnama Januari

Wolf Moon bulan Januari mencapai puncak iluminasi pada hari Senin, 17 Januari, pukul 18:51. EST. Carilah Bulan terbit dari ufuk timur laut sekitar matahari terbenam malam itu.

Konsultasikan Bulan Terbit kami untuk melihat jam berapa Anda dapat melihat sekilas Bulan purnama pertama tahun 2022!

Mengapa Disebut Bulan Serigala Purnama?

Nama bulan purnama yang digunakan oleh The Old Farmer's Almanak berasal dari beberapa tempat, termasuk penduduk asli Amerika, Amerika Kolonial, dan Eropa. Secara tradisional, setiap nama Bulan purnama diterapkan pada seluruh bulan lunar di mana ia terjadi, tidak hanya pada Bulan purnama itu sendiri.

Bulan Serigala

Diperkirakan bahwa Bulan purnama Januari kemudian dikenal sebagai Bulan Serigala karena serigala lebih mungkin terdengar melolong saat ini. Secara tradisional diyakini bahwa serigala melolong karena kelaparan selama musim dingin, tetapi kita tahu sekarang bahwa serigala melolong karena alasan yang berbeda. 

Melolong dan vokalisasi serigala lainnya umumnya digunakan untuk menentukan wilayah, menemukan anggota kelompok, memperkuat ikatan sosial, dan mengoordinasikan perburuan.

Alternatif Nama Bulan Januari

Nama lain yang pas untuk bulan purnama ini adalah Center Moon. Digunakan oleh orang Assiniboine di Dataran Besar Utara, ini mengacu pada gagasan bahwa Bulan ini secara kasar menandai pertengahan musim dingin.

Nama tradisional lain untuk Bulan Januari menekankan dinginnya musim yang keras: Cold Moon (Cree), Frost Exploding Moon (Cree), Freeze Up Moon (Algonquin), dan Severe Moon (Dakota). Hard Moon (Dakota) menyoroti fenomena salju yang turun membentuk kerak yang keras.

Canada Goose Moon (Tlingit), Great Moon (Cree), Greetings Moon (Western Abenaki), dan Spirit Moon (Ojibwe) juga telah tercatat sebagai nama Bulan untuk bulan ini.

Sementara LAPAN RI mencatat, besok 17-18 Januari akan terjadi fase Bulan Purnama dekat Pollux (Alfa Geminorum). Fase Bulan purnama, atau disebut juga fase oposisi [solar] Bulan, adalah konfigurasi ketika Bulan terletak membelakangi Matahari dan segaris dengan Bumi dan Matahari. 

Mengingat orbit Bulan yang membentuk sudut 5,1° terhadap ekliptika, Bulan tidak selalu memasuki bayangan Bumi ketika fase Bulan purnama, sehingga setiap fase Bulan purnama tidak selalu beriringan dengan gerhana Bulan. 

Fase Bulan purnama di Januari 2022 ini terjadi pada 18 Januari pukul 06.48.34 WIB / 07.48.34 WITA / 08.48.34 WIT dengan jarak 401.503 km dari Bumi (geosentrik) dan terletak di konstelasi Cancer. 

Bulan purnama dapat disaksikan sejak malam sebelumnya (17 Januari) sekitar pukul 18.00 waktu setempat dari arah timur laut, kemudian berkulminasi sekitar tengah malam (18 Januari) di arah utara dan terbenam sekitar pukul 06.00 waktu setempat di arah barat laut. (**)


×
Berita Terbaru Update