Notification

×

Menaker Canangkan Tiga Resolusi Baru di Tahun 2022, Begini Kata Ida Fauziyah

Senin, Januari 03, 2022 | 19:40 WIB Last Updated 2022-01-03T12:40:32Z

CIREBONRAYA.co.id | Berita Cirebon Raya Hari Ini

Memasuki tahun 2022, untuk mengantisipasi berbagai tantangan yang ada, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mencanangkan tiga resolusi yang tidak sekedar business as usual. 

"Banyak pekerjaan rumah yang harus kita lakukan untuk segera kita benahi dan mengantisipasi berbagai tantangan yang ada, maka mau tidak mau, suka tidak suka, kita memerlukan resolusi baru," ungkap Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah di Jakarta, Senin (3/1/2022)

Resolusi pertama, sebut Ida, pelaksanaan sembilan lompatan ketenagakerjaan sebagai terobosan di dalam pemulihan ekonomi nasional dari sisi  pembangunan ketenagakerjaan. 

Dalam hal ini Kemnaker harus mampu melakukan Transformasi BLK;  Link and Match Ketenagakerjaan; Transformasi Program Perluasan Kesempatan Kerja; Pengembangan Talenta Muda; Perluasan Pasar Kerja Luar Negeri; Visi baru Hubungan Industrial; Pengembangan Ekosistem Digital Ketenagakerjaan; dan Reformasi Birokrasi.
 
"Saya meyakini bahwa pelaksanaan yang baik terhadap sembilan lompatan ketenagakerjaan akan menjadi modal dasar bagi kita untuk menjalankan amanah besar Jaminan Kehilangan Pekerjaan di tahun 2022," tutur Ida Fauziyah.

Resolusi kedua, lanjut Ida, Kemnaker menekankan reformasi birokrasi, dengan menginstruksikan agar dilakukan penyempurnaan dan perbaikan terhadap peraturan perundang-undangan bidang ketenagakerjaan yang dirasakan masih menghambat, multitafsir dan tumpang tindih

"Sementara dalam hal penataan struktur organisasi, tata laksana dan SDM Aparatur, untuk segera menyelesaikan regulasi tata organisasi UPTP, proses bisnis dan SOP dan permasalahan/persoalan dalam konteks transisi jabatan struktural ke fungsional. Selain itu, perlu dilakukan percepatan pengembangan Kemnaker Corporate University," ucap Ida.
 
Dalam hal mendorong intensifikasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Ida meminta agar infrastruktur teknologi informasi Kemnaker diperkuat; digitalisasi arsip, kepegawaian, umum, dan keuangan ditingkatkan; dan e-performance segera  diterapkan. "Selain itu, data dan informasi pembangunan ketenagakerjaan secara digital yang dipublikasikan secara berkala setiap bulannya juga diperkuat," ucap Ida.

Di resolusi ketiga, Ida Fauziyah menginginkan agar setiap unit di lingkungan Kemnaker saling mendukung dan berkolaborasi untuk menyukseskan perhelatan G20 di tahun 2022 ini. G20 ini tidak akan sukses tanpa adanya kolaborasi kita bersama.

"Saya meyakini bahwa perhelatan G20 ini selaras dan sangat membantu kita dalam upaya pemulihan ekonomi nasional maupun global. Kita harus menyadari bahwa pemulihan ekonomi nasional kita, juga tidak bisa dilakukan tanpa adanya pemulihan ekonomi dalam skala global,"  pungkas Ida Fauziyah. (wp)