Notification

×

Peneliti Menemukan Manfaat Minum Kopi Sebelum Olah Raga

Sabtu, Juni 11, 2022 | 16:37 WIB Last Updated 2022-06-11T09:37:09Z

CIREBONRAYA.CO.ID | Cirebon - Kopi mengandung banyak manfaat untuk tubuh. Namun, apakah boleh minum kopi sebelum olahraga?

Sebagian orang berpendapat minum kopi sebelum olahraga justru bisa meningkatkan stamina. Namun, ada sebuah penelitian menyebutkan bahwa minum kopi sebelum olahraga akan menghambat aktivitas Anda.

Jadi, bolehkah minum kopi sebelum melakukan olahraga? Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber pada Sabtu 11 Juni 2022, simak penjelasannya.

Para peneliti di University of Toronto merekrut 101 atlet pria sebagai objek penelitian. Kemudian selama tiga sesi mereka akan mengendarai sepeda sejauh 10 kilometer dengan sepeda stasioner.

Akan tetapi, sebelum itu mereka diberi obat plasebo dengan dosis kafein yang rendah serta lebih tinggi, dengan takaran yang tidak berbeda jauh dari secangkir kopi hitam.

Hasilnya adalah kafein memang meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Sehingga, Atlet dengan dosis kafein yang lebih tinggi bisa mengayuh 3 persen lebih cepat daripada yang mengonsumsi lebih rendah.

Ketika peneliti memfaktorkan pada komponen genetik, justru hasilnya bergeser. Untuk Atlet yang punya metabolisme tubuh cepat mengayuh 5 persen lebih cepat pada dosis kafein rendah dan hampir 7 persen lebih cepat pada dosis kafein tinggi.

Sementara metabolisme sedang, atlet tersebut mengayuh lebih lambat namun konsisten. Kemudian, pada pemilik metabolisme lambat dosis kafein yang tinggi secara serius menghambat kinerja hingga 14 persen.

Oleh karena itu, penulis studi Ahmed El-Sohemy mengatakan, bahwa orang dengan metabolisme lambat kemungkinan memiliki kafein lebih lama di sistem mereka. Lalu, dampaknya bisa menyempitkan pembuluh darah dan membatasi aliran darah dan oksigen ke otot.

Penelitian menemukan kopi memiliki banyak manfaat, diantaranya:

Meningkatkan kekuatan otot
Meningkatkan kemampuan aerobik
Meningkatkan kemampuan melompat dan lari
Meningkatkan pemecahan glikogen menjadi energi
Meningkatkan fokus dan perhatian

Lantas, kapan waktu yang baik untuk meminum kopi?

1. Sebaiknya minum kopi satu Jam sebelum olahraga

Tahukah Anda, kafein akan diserap dengan cepat oleh tubuh sekitar 30–45 menit setelah dikonsumsi, dan kadarnya akan mencapai puncak dalam jangka waktu satu jam.

2. Hindari penggunaan gula tambahan

Gula hanya akan menambahkan kalori dan mengurangi target olahraga atau fitness Anda.

3. Jangan minum kopi secara berlebihan

Kebanyakan orang dewasa dapat menoleransi 400 mg kafein per hari atau sekitar 3-4 cangkir per hari. Tapi jika berlebihan dapat menyebabkan rasa cemas, gelisah, tremor, sulit tidur, dan gangguan lambung.